Selasa, 15 November 2011

Pondok Pesantren ASY SYARIFAH......


PONDOK PESANTREN ASY SYARIFAH Ini di dirikan atau di Susun oleh K.H. WAHAB MAHFUDHI yang terletak di Desa Brumbung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.
pondok asy syarifah adalah pondok terbersih di daerah demak tidak itu juga Ada yang menarik dalam shalat sunah yang dilakukan saat Ramadan di pondok tersebut. Yaitu dalam setiap shalat tarawih, ada dua juz atau sekitar empat belas lembar Alquran yang dibaca.
''Setiap shalat tarawih membutuhkan waktu sekitar dua jam,'' ucap Umi yang juga sebagai pengasuh pondok pesantren yang khusus mencetak penghafal Alquran (hafizah) tersebut. Namun shalat tarawih dua juz tersebut hanya berlangsung separo Ramadan pertama. ''Separo Ramadan kedua hanya membaca surat-surat madaniyah (surat panjang dalam Quran). Sebab, pada 21 Ramadan banyak santri yang pulang kampung,'' ucap Umi.
Murid Hajar Jariyah dari Pondok Pesantren Asy-Syarifah Brumbung itu juga mengatakan, meskipun hafal Quran, dalam bertindak sebagai imam dia juga perlu didampingi orang-orang yang menyimak bacaannya.
''Biar kalau ada yang keliru bisa dibetulkan,'' tutur istri Pujiono, pemilik PT Sinar Lendoh Terang tersebut. ''Berbeda dengan shalat di Makkah, tidak perlu disimak, sebab makmum di barisan pertama biasanya hafal Quran semua,'' lanjut wanita yang selalu berjilbab itu.
Nuansa Ramadan di pondok yang didirikan pada 2000 tersebut hampir tidak berbeda dengan hari-hari biasa. Bisa dikatakan Ramadan sepanjang bulan di pondok tersebut. Pasalnya, setiap hari setiap bulan selama dua puluh empat jam nonstop selalu ada santri yang membaca Al Quran di aula pondok tersebut.

''Hal itu sudah dilakukan sejak Juli 2000. Santri bergantian membaca Quran selama dua puluh empat jam,'' terang Pujiono. Dia juga mengatakan, pondok pesantren yang kini memuat lebih dari 300 santri putri dan 100 lebih santri putra, setelah Lebaran akan membuka penerimaan santri baru.

Menurutnya, santri harus sungguh-sungguh belajar tanpa terganggu atau diselingi aktivitas lainnya. Umi juga menuturkan, santri akan kesulitan menghafal Quran jika disambi sekolah. ''Mayoritas santri di sini lulusan SMA atau aliyah dan MTs atau SMP, sedangkan sisanya lulusan MI atau SD.pondok pesantren asy syarifah juga mempunyai sekolah sendri yaitu Mts sama MA asy syarifah dah fasilitas yang lengkap dan terjangkau, santri di pondok asy syarifah berasal berbagai daerah dari mulai jakarta, semarang, Demak, kudus, Magelang, Purworejo, Brebes, Madiun, bahkan ada yang dari pulau jawa yaitu Sumatra, DLL.''(by: TOHARI AHMAD)''....

5 komentar:

  1. kurang runut gan, harusnya ini bisa jadi beberapa pokok bahasan misal... sejarah dulu,kemudian perkembanganya. aktifitasnya dan seterusnya, tapi dah mayan bagus ko.... lanjutkan!

    BalasHapus
  2. waahh asy syarifah keren abis .. ..
    tetaap axis iia :)

    BalasHapus
  3. lumayan don. . .follow me @ www.arniez.com

    BalasHapus
  4. kepengen banget ikut ngaji lagi di asy syarifah...

    BalasHapus
  5. Apakah di ponpes asy syarifah menerima santri yg masih duduk disekolah dasar??

    BalasHapus